Heboh.... Pisang Raksasa dari Papua Ini Mendunia

shares

Advertisement
Kekayaan alam Indonesia seolah tak ada habisnya. Salah satunya adalah pisang raksasa dari Papua. Pisang ini dikenal dengan nama Musaingens yang  konon artinya besar atau berlebihan. Pohon pisang raksasa ini bisa tumbuh setinggi 15 meter dengan diameter daun satu meter.

Musa ingens merupakan pisang langka. Pisang ini termasuk tumbuhan endemik, hanya tumbuh di hutan tropis dengan ketinggian daratan 1.350 - 1.800 meter dari permukaan laut.


Konon Musa ingens adalah pisang terbesar di dunia yang hanya bisa ditemukan di pengunungan Arfak, Papua Barat, Indonesia. Pengembangbiakan tumbuhan ini termasuk termasuk sulit. Tidak seperti pisang-pisang yang sering kita temui di kebon sekeliling rumah.
BACA JUGA: 

Serem, wanita ini kesurupan saat sedang merekam tutorial makeup!


Karena langkanya, pisang ini banyak diburu para pecinta buah pisang. Konon menurut alhi gizi, buah ini cocok dimakan saat makan sahur.


Pohon pisang raksasa ini pertama kali ditemukan oleh Jeff Daniells pada tahun 1989. Pohon ini tumbuh liar dan sampai sekarang belum dibudidayakan. Perlu waktu lama untuk bisa berbuah.

Pisang raksasa yang daunnya dilapisi lilini ini bisa menghasilkan buah setandan seberat kurang lebih 60 kilogram.

Sumber: http://citizen6.liputan6.com/

Related Posts